Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

10 Tempat Wisata Bojonegoro Yang Menarik Untuk Dikunjungi


Kabupaten Bojonegoro, adslah kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban di utara, Kabupaten Lamongan di timur, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ngawi di selatan, serta Kabupaten Blora, Jawa Tengah, di barat.
Bojonegoro pada masa lampau merupakan wilayah yang mendapat pengaruh kuat dari kebudayaan Hindu yang datang sejak abad I. Dan hingga abad ke 16, Bojonegoro merupakan salah satu bagian Kerajaan Majapahit. Lalu, pada abad ke 16 Bojonegoro masuk dalam kekuasaan kerajaan Demak. Setelah ajaran Islam mulai menyebar di tanah Jawa, akhirnya pengaruh budaya Hindu terdesak dan muncul nilai-nilai baru dalam masyarakat disertai dengan adanya pergolakan yang masuk dalam sejarah kerajaan Pajang di tahun 1586 dan kemudian kerajaan Mataram 1587.
Bojonegoro mungkin kota kecil, tapi di wilayah banyak tersimpan hal-hal yang patut untuk dieksplor lebih dalam, baik dari segi sejarah, budaya dan bagaimana masyarakatnya berkembang. Semua hal yang menjadi bagian wilayah ini sangat menarik, seperti kebudayaan, tradisi, makanan khas dan tentu saja pariwisatanya.

Berbicara tentang wisata apa saja sih wisata yang ada di kota Bojonegoro. Berikut ini saya akan mengulas 10 Tempat Wisata Bojonegoro Yang Menarik Untuk Dikunjungi. Yang bisa untuk di buat refrensi bagi anda yang mau berkunjung di bojonegoro.

1. Kayangan Api

Api Kayangan adalah salah satu obyek wisata yang sangat populer di Bojonegoro. Kayangan Api yang merupakan sumber api abadi atau yang tak pernah padam sekalipun ini terletak di desa Sendangharjo, kecamatan Ngasem, sebuah desa yang memiliki areal hutan seluas 42,29% dari luas desa.

Api yang keluar sebagai sumber abadi obyek wisata ini merupakan sumber api alam, dan merupakan sumber api terbesar di Asia Tenggara. Saat pengunjung akan menuju lokasi wisata Api Kayangan ini, mereka akan terlebih dahulu melewati indahnya hutan jati yang hijau dan rindang. Sesampaianya di lokasi, akan terdapat gapura dengan jajaran tiang yang akan menyambut.

Di tengah tiang tersebut terdapat lingkaran batu yang mengeluarkan gelombang panas, tempat dimana si api abadi bersemayam. Dan di sini ada juga pula sumber air blerang yang masih di lingkungan kawasan wisata kayangan api.

2. Bukit Cinta/Atas Angin


Atas Angin adalah sebuah lokasi di Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, 50 km dari pusat kota. Lokasi ini menjadi favorit wisatawan karena banyaknya spot indah dari bentangan alam Bojonegoro.

Karena banyaknya panorama indah di tempat ini seringkali menjadi lokasi pemotretan terutama untuk fotografi prewedding. Selain itu, banyak pengunjung yang memilih bercamping di atas bukit yang disebut bukit cinta, untuk dapat menyaksikan keindahan sunraise.

Bukit cinta tersebut menurut cerita masyarakat setempat, dulunya merupakan tempat pertemuan Dewi Sekar Sari dan Raden Atas Aji, sepasang kekasih yang dipertemukan saat dalam pelarian ketika terjadi perang di zaman Kerajaan Mataram dan Pajang. Keduanya dikisahkan bermukim di lokasi Atas Angin hingga akhir hayat.

Kondisi alam di sekitar Atas Angin memang memanjakan mata memandang. Hampir di sepanjang perjalanan menuju lokasi ini, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang sangat bagus.

3. Wana Wisata Dander/Tirta Wana Dander

Tirta Wana Dander) adalah suatu tempat wisata alam yang berada sekitar 15 km selatan Kota Bojonegoro, lebih tepatnya berada di Desa Dander, Kecamatan Dander, Jawa Timur. Lokasi wisata ini merupakan salah satu wisata ungulan dari Kabupaten Bojonegoro, sehingga tempat ini sangat ramai pengunjung jika di akhir pekan atau dihari libur.
Disana anda juga dapat melihat pesawat tempur berjenis F-86 Sabre (No. TS-8609) buatan Amerika Serikat yang diserahkan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Soekardi kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro pada tanggal 29 Juli 1984 dan sekarang dijadikan ikon dari Wana Wisata Dander atau (Tirta Wana Dander) .
Taman Wisata Tirta Wana Dander juga menawarkan segala fasilitas terbaiknya buat para pengunjung. Selain itu tempat ini memiliki keindahan alam, serta pepohonan yang rindang, kolam renang serta terdapat lapangan golf. Banyak fasilitas menarik lain dari Taman Wisata Tirta Wana Dander seperti Fountain Ground/Air Mancur dari Lantai, wahana meluncur ke kolam renang yg memiliki ketingiian 15 meteran, Gazebo, sarana permainan untuk anak, dan double pool, yakni kolam renang ganda.
Selain wahana rekreasi, fasilitas pendukung lain berupa ruang pertemuan, plaza (lapangan terbuka), penginapan, serta food court (pusat jajanan dan toko) juga ada ditempat ini.

4. Air Terjun Kedung Maor

Air Terjun Kedung Maor merupakan air terjun yang berasal dari aliran Kali Soko dan air limpahan dari Waduk Pacal. Aliran air di air terjun ini cukup stabil jadi dimusim kemaraupun air terjun ini tetap indah. Sehingga Air Terjun Kedung Maor sudah sangat terkenal bagi para wisatawan dan malah bias menjadi salah satu destinasi wisata andalandari Kabupaten Bojonegoro.
Lokasi Air Terjun Kedung Maor berada di pertengahan hutan Atau lebih tepatnya di kawasan hutan RPH (Resort Pemangkuaan Hutan) Tretes, KPH (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Bojonegoro. Air terjun tersebut bisa ditempuh satu jam setengan (40 KM) dari Kota Bojonegoro ke arah selatan (Arah Nganjuk). Sayang wisata ini kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Bojonegoro sehingga pengelolaan kurang maksimal. Lokasi dari Air Terjun Kedung Maor di Kecamatan Temayang, tepatnya di Desa Kedungsari, Bojonegoro.

5. Alun-alun Bojonegoro

Wisata Bojonegoro – alun-alun merupakan fasilitas yang di bangun oleh pemerintah untuk berbagai kegiatan masyarakat seperti pentas seni, pertunjukan wayang kulit, dan sebagai sarana untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman. Letaknya yang berada di pusat Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur sehingga lokasi ini dikelilingi oleh tempat-tempat penting seperti di bagian barat alun-alun berdiri sebuah Masjid Agung Bojonegoro, di bagian selatan alun-alun, berdiri kantor residen (Bakorwil), di bagian Timur adalah tempat berpusatnya kantor pemerintahan kabupaten dimulai dari Pendapa kabupaten, Gedung Pemkab Kab. Bojonegoro dan Gedung DPRD, di bagian utara Alun-Alun adalah Kantor Satlantas Polres Bojonegoro (bekas kantor Korwil Bojonegoro), Kantor Perhutani dan Pasar Kota Bojonegoro.
Setiap malam tempat ini akan semakin ramai oleh masyarakat Bojonegoro atau warga pendatang yang kebetulan sedang berada di Bojonegoro, yang ingin menikmati suasana malam dari kota Bojonegoro. Sehingga fasilitas umum bagi kenyamanan masyarakat pun juga di aksimalkan dengan baik.

adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Padang, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Bendungan Gerak Bojonegoro di Ngringinrejo Bojonegoro adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

6. Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo

Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo Bojonegoro adalah tempat wisata perkebunan yang berlokasi di Desa Ngeringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Perkebunan blimbing ini sendiri memiliki luas kurang lebih 19.3 hektar, yang dikelola oleh 80 pekebun. Di desa ini, hampir seluruh warganya berprofesi sebagai petani belimbing. Sehingga terjadinya tempat ini sebagai Agrowisata Kebun Belimbing dan menjadi sebagai salah satu produk andalan dan menjadi ikon Kabupaten Bojonegoro. mayoritas petani diwilayah ini mengembangkan Varietas belimbing jenis belimbing madu yaitu belimbing yang memiliki ukuran besar dan manis.
Di agrowisata ini pengunjung dibolehkan memetik buah belimbing dan mencicipinya secara gratis. Jika anda ingin membeli untuk harga perkilonya berkisar Rp. 3.000 sampai Rp. 4.000,- untuk ukuran kecil dan 5.000,- sampai 8.000,- untuk ukuran besar/jumbo. Selain oleh-oleh buah belimbing pengunjung juga dapat menikmati oleh-oleh kerupuk belimbing dan aneka olahan berbahan dasar belimbing.

7. Bendungan Gerak

Masih di Desa ngringin rejo. Jika berkunjung di Argowisata Blimbing jangan lupa mampir di Bendungan gerak juga.
Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Bendungan Gerak Bojonegoro di Ngringinrejo Bojonegoro memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Bojonegoro tidak mengunjungi wisata Bendungan Gerak Bojonegoro di Ngringinrejo Bojonegoro yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Bendungan Gerak Bojonegoro di Ngringinrejo Bojonegoro sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan wisata Bendungan Gerak Bojonegoro di Ngringinrejo Bojonegoro ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Bendungan Gerak di kota Bojonegoro.

8. Waduk Pacal

Wisata Bojonegoro – waduk pacal berada di 35 km selatan wilayah Bojonegoro, lebih tepatnya di di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Merupakan bangunan peninggalan pemerintahan Belanda yang berfungsi untuk dijadikan sumber irigasi bagi para petani yang berada diwilayah disekitaran waduk. Sebelum sampai ke waduk pacal kalian akan disuguhi keindahan khas hutan jati dia areal Pegunungan Kendeng yang luas.
Saat musim hujan tiba debit air di waduk pacal akan semakin tinggi dan membuat waduk akan semakin menarik untuk dilihat, apalalagi di selatan waduk ada semacam gugusan pulau kecil yang bisa untuk disinggahi. Tentunya untuk mencapai kesana kalian bisa memanfaatkan perahu milik warga, denga harga tak terlalu mahal untuk sekali jalan pulang pergi menuju pulau kecil tersebut, tarifnya hanya berkisar Rp 20.000. Bila ingin berwisata kuliner kalian juga bisa, karena di sekitar Waduk Pacal juga tersedia warung-warung.

9. Taman Rajekwesi

Wisata Bojonegoro – karena semakin majunya suatu wilayah maka tempat ruang terbuka hijau pun sangat dibutuhkan untuk selalu menjaga tingkatan polusi udara yang ada di daerah perkotaan. Maka pemerintah Bojonegoro membuat sebuah ruang terbuka hijau yang bernama Taman Rajekwesi.
Taman Rajekwesi dibangun untuk memfasilitasi masyarakar Bojonegoro untuk bersantai. Selain itu dengan adanya ruang terbuka hijau ini masyarakat dapat memanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga atau dengan teman-teman. Sehingga banyak menimbulkan efek positif, karena dengan adanya taman ini kita bisa saling bersosialisasi dengan pengunjung lainnya.

10. GoFun Bojonegoro

GoFun Bojonegoro merupakan themepark pertama di Bojonegoro yang baru dibuka di pertengahan 2016, di dalamnya terdapat berbagai wahana permainan berhiaskan lampu lampu yang cantik. Sejak mulai dibuka, GoFun Bojonegoro langsung banyak pengunjung.
Banyak wahana permainan yang dapat kamu mainkan antara lain Badut Ngguyu, Bal Mencolot, Bal Ngelinding, Balang Kaleng, Bandem Badut, Basket, Botol Ngadeg, Bowling, Gelas Ajaib, Hulahop, Ketapel besar, Lempar Bola, Nglundang lundung, Nyeneper, Panahan,Roda Hadiah, Soccer, Bidik Balon, Kodok Mencolot dan Pancing Bebek, selain itu ada juga pertunjukkan Rumah Jagal, Air Mancur Menari, Rumah Kaca, pertunjukkan Film anak dan remaja dan Jungle Safari. Nama permainannya unik yah, karena memang diambil dari bahasa Jawa.

Ada juga wahana yang dapat kamu naiki antara lain Beruang Madu, Bumper Car, Dermolen, Galaxy, Happy Disco, Jungle Safari, Kereta Koboy, Pirate Ship, Rodeo Bull, Tarian Ubur Ubur dan Komedi Putar. Seperti apa permainannya? Bisa kamu lihat galerinya di atas.


Nah itulah 10 Tempat Wisata Bojonegoro Yang Menarik Untuk Dikunjungi semoga dapat membantu anda yang lagi mencari refrensi Tempat wisata di bojonegoro.
Sering mencetin tombol mode pesawat